Kamis, 26 April 2012

Manusia dan Tanggung jawab

                 Manusia tidak akan terlepas dari tanggung jawab .. tanggung jawab itu sendiri berarti kita sebagai manusia harus berani menanggung apa yg kita lakukan dan yang menjadi kewajiban bagi kita.
Banyak sekali contoh-contoh dari tanggung jawab , tanggung jawab sama saja seperti kewajiban .
Tanggung jawab orang tua yaitu membiayai anaknya sekolah hingga tamat sampai anak tersebut memiliki penghasilan sendiri. Tanggung Jawab anak yaitu menyelesaikan sekolah hingga tamat dan dapat pekerjaan yang layak sehingga dapat membahagiakan kedua orang tuanya kelak. Bahkan tanggung jawab kepala keluarga kepada istri dan anaknya yaitu menafkahi anak istrinya dan membahagiakan keluarganya.
Dan juga tanggung jawab terhadap pekerjaan yaitu dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan pekerjaannya masing-masing.  Tidak hanya contoh seperti itu saja, namun saat kita lalai dalam perjalanan dan kita menabrak seseorang kita harus berani bertanggung jawab dan mengakui kesalahan kita .. tanggung jawab tersebut dapat ditunjukkan dengan membiayai orang yang tertabrak hingga ia sembuh.
                Rasa taggung jawab sejati haruslah bersumber pada nilai-nilai asasi kemanusiaan. Nilai-nilai tidak dapat diajarkan secara langsung. Nilai-nilai dihirup atau dicontoh oleh anak dan menjadi bagian dari dirinya sendiri dengan pengertian lain yaitu anak menyamakan dirinya dengan orang yang ia cintai dan ia hormati serta  berusaha meniru mereka. Contoh hidup yang diberikan orangtua, akan menciptakan suasana yang diperlukan untuk belajar bertanggung jawab. Pengalaman-pengalaman konkrit tertentu memperkokoh pelajaran itu, sehingga menjadi bagian dari watak dan kepribadian anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar