Rabu, 11 April 2012

Manusia Dan Keadilan


                      Menurut saya keadilan itu adalah suatu sikap seseorang dimana memperlakukan orang lain sesuai dengan hak orang tersebut atau bisa disebut dengan adil dalam bersikap . Keadilan dibagi dengan berbagai macam teori berdasarkan nama pencetusnya ,diantaranya Teori keadilan Jown Rawls, teori keadilan Robert Nozilk, teori keadilan John Stuart Mill, teori keadilan katholikisme, teori keadilan Aristoteles, teori keadilan Adam Smith dll. Berbicara mengenai keadilan, apakah di Negara kita ini masih ada keadilan ? Menurut saya keadilan di negara ini sudah tidak tumbuh lagi karena semakin banyaknya kasus-kasus yang sudah membuktikan bahwa minimnya keadilan . Contohnya saja seperti kakek-kakek yang mencuri sebuah semangka lalu dipenjarakan dan diberikan denda, lalu apa bedanya dengan seorang korupsi ? mereka hanya menerima sanksi dan tidak dihukum sesuai hukum yang berlaku bahkan ada pejabat yang dipenjara dengan ruang penjara yang mewah. Apakah itu adil ? Semua ini timbul karena para penegak hukum telah dilumpuhkan oleh uang . Sungguh disesalkan akan minimny hukum di negara ini, seharusnya pemerintah di negeri ini menindak lanjuti kasus-kasus yang ada serta bertindak tegas.
                      Adapun macam-macam dari keadilan yaitu Keadilan moral, keadilan yang berasal dari jiwa seseorang. Keadilan Distributif, keadilan yang terlaksana jika ada suatu bukti yang dibenarkan. Dan Keadilan Komunikatif, keadilan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.
- Kejujuran adalah mengakui hal sesuai dengan kenyataan, jujur yaitu mengakui. Arti kejujuran disini maksudnya kita sebagai manusia harus bersikap atau berkata jujur karena dengan kejujuran itu indah, bahkan kkejujuran dalam melakukan kesalahan.
- Kecurangan adalah perbuatan yang tidak terpuji dimana kecurangan dapat mengakibatkan kerugian satu sama lain. kecurangan bnyak timbul di negara kita misalnya dalam pemilu , banyak pemilih yang golput itu dinakamakn kecurangan.
- Nama baik, yang dimaksud nama baik yaitu pemilik nama yang memiliki suatu kehormatan dimana jika nama baik mereka tercoreng mereka akan memulihkan nama baik itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar